Program Pembelajaran Komunitas Bahasa Inggris (PPKBI) Bengkulu Selatan 2017

Terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan yang telah memberikan kami kesempatan dalam Program Pembelajaran Komunitas Bahasa Inggris (PPKBI) pada tahun ini untuk kami yang beruntung dan layak. Kesempatan dalam mengikuti program pembelajaran ini benar-benar sangat berharga bagi kami, untuk itu kami akan terus belajar, berusaha, dan bekerja keras dengan sungguh-sungguh agar rasa terima kasih kami dapat tersampaikan tidak hanya dengan tulisan atau perbincangan, tetapi juga dengan memajukan Bengkulu Selatan dengan bantuan program yang sebentar lagi akan kami jalankan ini. Semoga dengan program ini kami bisa menjadi orang yang lebih berguna untuk Bengkulu Selatan tercinta.

Untuk memajukan suatu daerah tentu tidak hanya dengan memperbaiki sektor dan tatanan penting yang ada di daerah tersebut, tetapi juga dengan mengembangkan orang-orang yang ada di dalamnya, terutama para pemuda dan pelajar. Begitu juga dengan Bengkulu Selatan yang diharapkan akan menjadi Desa Wisata atau Desa Bahasa. Di mana kelak daerah ini diharapkan bisa menjadi pusat wisata dengan pusat pembelajaran di Sumatera. Bagaimana caranya? Yaitu dengan Program Pembelajaran Komunitas Bahasa Inggris (PPKBI).

PPKBI (Program Pembelakaran Komunitas Bahasa Inggris) adalah sebuah program yang digagas oleh Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan bersama Tim Pilot Project dari Jakarta, yang kali ini diadakan di Bengkulu Selatan dengan tujuan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris para pelajar Sekolah Menengah Atas (dan sederajat). Di mana dengan program ini, yang mengikutinya akan diberikan sebuah pembekalan khusus. Yaitu pembekalan peningkatan daya belajar. Sehingga kemampuan dalam bahasa Inggris otomatis juga akan meningkat. Mengapa harus dengan PPKBI? Karena PPKBI memiliki keutamaan-keutamaan yaitu:

1. Proses Seleksi

Seleksi PPKBI dibuka untuk siswa-siswi SMA dan sederajat, masing-masing sekolah mengirimkan kurang lebih 30 orang, dengan kapasitas peserta secara keseluruhan adalah sebanyak 200 orang. Pada proses seleksi, pertama-tama diberikan beberapa pengujian dalam bentuk tes tertulis untuk bahasa Inggris dan psikotes yang dilakukan serempak dalam waktu yang ditentukan. Selanjutnya, para peserta seleksi dibagi menjadi beberapa kelompok, dalam kelompok tersebut akan diberikan beberapa soal secara lisan dan dijawab tertulis secara individu. Dalam tahap seleksi ini dibolehkan menjawab dengan bahasa Indonesia, kecuali untuk satu nomor terakhir. Dilanjutkan lagi dengan sedikit wawancara menggunakan bahasa Inggris. Hingga terpilihlah 90 peserta utama dan 30 peserta cadangan.

Dalam serangkaian tes tersebut, jika diperhatikan secara keseluruhan, sebagian besar tidak terlalu ditekankan pada kemampuan Bahasa Inggris, melainkan pada psikologi dan mental. Hal itu dapat diperhatikan pada psikotes dan tahap seleksi kedua di mana kami ditanyai mengenai tujuan kami, motivasi dan keinginan kami untuk bisa berbahasa Inggris dengan fasih.

2. Instruktur Berpengalaman

Keutamaan dalam program ini juga terdapat pada instrukturnya. Instruktur yang akan membina kami dalam program ini adalah instruktur berpengalaman bersertifikat TESOL (Teaching English to Speaker of Other Language) dari dalam atau bahkan luar negeri. Selain instruktur untuk pembelajaran Bahasa Inggris, juga ada instruktur yang didatangkan dari Total Mind Learning, untuk program pembekalan peningkatan daya belajar.

3. Program Pembekalan Peningkatan Daya Belajar

Inilah program yang tidak akan kita temukan dalam tempat kursus manapun. Program ini akan diberikan dengan hasil daya belajar dan memori meningkat minimal lima kali lipat. Program ini disediakan oleh tim dari Total Mind Learning. Total Mind Learning sendiri merupakan serangkaian program pelatihan yang ditujukan untuk mengembangkan potensi pikiran individu semaksimal mungkin (totalmindlearning.com). Hingga selain meningkatan daya ingat, program ini juga bisa meningkatkan konsentrasi, daya membaca, kreativitas, dan lain-lain.

4. Materi (Cambridge Curriculum)

Materi yang digunakan dalam program ini adalah materi yang berbasis Cambridge Curriculum. Dengan materi berbasis Cambridge Curriculum, proses pembelajaran dapat dilakukan secara efektif dengan konten pembelajaran dan sistematika yang baik.

5. Metode (Suggestopedia)

Metode yang dipakai pada program pembelajaran ini adalah Suggestopedia. Suggestopedia adalah metode pengajaran yang dikembangkan oleh Psikoterapis Bulgaria, Georgi Lozanov, yang biasa digunakan untuk belajar bahasa asing. Tetapi, Suggestopedia bisa meningkatkan kemampuan daya belajar kita tidak hanya pada saat belajar bahasa asing, tetapi juga pada pelajaran-pelajaran lainnya. Sehingga selain bisa berbahasa Inggris dengan fasih, kita juga bisa meningkatkan nilai dan kualitas kita di sekolah.

6. Field Trip

Dalam program ini, juga akan diadakan field trip. Jadi pembelajaran tidak hanya dilakukan di dalam ruangan, tetapi juga di luar ruangan (outdoor). Field trip yang akan dilaksanakan akan dilakukan di tempat-tempat yang berbeda dalam cakupan lokal, bisa di daerah sendiri atau di luar kota di Indonesia. Selain itu juga dalam cakupan internasional, di luar negeri bagi yang terpilih untuk magang. Bagi yang terpilih juga berkesempatan dalam mengikuti kegiatan-kegiatan di luar negeri.

.

Itulah beberapa keutamaan dari Program Pembelajaran Komunitas Bahasa Inggris ini. Dapat ditarik kesimpulan bahwa PPKBI bukan hanya sekedar kursus bahasa Inggris biasa, tetapi secara afektif dan kognitif dalam program ini juga dikembangkan. Jika secara psikologis dan mental sudah siap menerima, maka kita akan lebih mudah dalam mempelajari sesuatu, salah satunya bahasa Inggris.

Sekali lagi terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan, Tim Pilot Project, Tim Total Mind Learning, dan semua yang bersangkutan.

 

 

Zahira Amaalia 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s